-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ternyata Makanan Favorit Ikan Cupang Mudah Dicari dan dibudidayakan

Thursday, April 11, 2019
Makanan faforit ikan cupang salah satunya adalah jentik nyamuk, mengapa jentik nyamuk? karena jentik nyamuk memiliki kandungan protein yang baik untuk ikan, apalagi untuk ikan cupang. Ikan cupang sangat membutuhkan protein yang banyak karena untuk memperkuat tubuh dan membuat warna ikan akan semakin indah jika jenis pakannya yang cocok.
Jentik nyamuk salah satu makanan favorit ikan khususnya ikan cupang, karna jentik nyamuk termasuk jenis larva yang kecil dan sehat untuk pakan ikan cupang anda, Masalah yang ada pada peternak ikan cupang salah satunya afaktor makanan, karna makanan ikan cupang susah untuk dicari, namun sekarang banyak peternak ikan cupang yang membudidayakan jentik nyamuk untuk pakan ikan cupang tersebut.

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara memperbanyak jentik nyamuk, ternyata budidaya jentik nyamuk susah-susah gampang, karna kita juga harus mengerti tempat yang banyak dikunjungi nyamuk atau tempat yang banyak nyamuk. Tidak hanya itu ternyata nyamuk juga lebih suka air yang tenang dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari, karna nyamuk yang ingin bertelur pasti akan mengluarkan telurnya pada sore atau pagi hari, jadi pastikan tempat yang ingin anda gunakan sudah benar-benar sama seperti artikel yang saya bahas kali ini.

Nah.. untuk cara budidaya jentik nyamuk kali ini sebenarnya sangat mudah sekali dan alat yang digunakan juga alat yang sering kita jumpai, namun pada dasarnya ternak budidaya nyamuk harus benar-benar memiliki waktu yang luang dan harus telaten mengeceknya, kenapa? Karna jika anda tidak telaten dalam budidaya jentik nyamuk, jentik nyamuk akan menjadi nyamuk dewasa dan bisa saja menjadi masalah jika rumah atau tempat budidaya banyak nyamuk. Jadi memang harus benar-benar telaten dalam budidaya jentik nyamuk.

Sebelum memulai cara budidaya jentik nyamuk mari siapkan terlebih dahulau alat dan bahan yang digunakan untuk membudidayakannya seperti,

    1. Ember bekas

    Ember bekas berguna untuk menampung air yang digunakan untuk bertelurnya nyamuk, namun banyak sekali yang gagal dalam masalah tempat, sebenarnya tempat yang bagus itu yang kuat dan tidak bocor seperti ember cat bekas yang masih bisa digunakan, baskom bekas yang belum bocor, dll.

    2. Air sumur

    Hal terpenting ada pada air yang terisi didalam ember atau baskom, karna jika tidak ada air pasti tidak dapat melakukan budidaya karna jencik nyamuk bertelur di air. Pastikan juga air yang digunakan tidak tercampung bahan kimia.

    3.Tumbuhan air

    Makanan jentik nyemuk terdapat pada bakteri-bakteri yang ada pada air tersebut, maka gunakan tanaman air untuk tempat makannya jentik nyamuk. Tumbuhan air juga mengandung lumut sedangkan jantik nyamuk suka tempat yang berlumut, oleh karna itu kita bisa berikan tumbuhan air yang mengandung lumut.

    Oke.. semua alat sudah anda siapkan, sekarang tinggal bagai mana proses budidaya jentik nyamuk untuk pakan ikan cupang kesayangan anda. Untuk proses kali ini anda harus benar-benar bersabar karna nyamuk memang susah ditebak kadang ada kadang tidak ada, jadi memang harus cari tempat yang kemungkinan banyak nyamuk.


    Proses Budidaya Jentik Nyamuk yang Benar Hingga Menjadi Makanan Ikan Cupang

    1. Pertama yang anda lakukan adalah menyiapkan media bertelurnya nyamuk dewasa, telur nyamuk bisa mencapai puluhan telur namun biasanya hanya yang menetas tidak semuanya, tapi pasti ada saja yang menetas.
    2. Setelah penyiapkan media bertelurnya cari tempat yang sekiranya banyak nyamuk-nyamuk dewasa.
    3. Isi media bertelurnya nyamuk dengan air, mengisi juga harus disamakan dengan wadahnya, jika wadahnya kecil jangan terlalu banyak airnya karna dapat tumpah ketika ada senggolan kencang.
    4. Ini hal yang harus anda tau yaitu menunggu nyamuk bertelur, nyamuk akan bertelur hingga menjadi jentik nyamuk sekitar 3-4 hari, jika masih belum ada pindah media budidaya tersebut ke tempat lainnya yang banyak nyamuk.
    5. Jika media sudah terisi telur jentik yang terlihat mengapung berarti sudah ada telurnya, tinggal menunggu menetas saja, telur menetas sekitar 1-3 hari setelah itu jentik nyamuk akan dewasa dan berubah menjadi nyamuk
    6. Jikaa sudah terisi telur jentik nyamuk dan anakan jentik nyamuk jangan buang atau mengganti air tersebut.
    7. Jika sudah menjadi dewasa jentik nyamuk siap untuk dipakanan ke ikan cupang anda

    Mengapa para peternak ikan cupang lebih memilih memberi makan dengan jentik nyamuk? Karna jentik nyamuk terlihat lebih bersih dibandingkan dengan cacing atau yang lainnya, jadi para peternak ikan lebih nyaman memberi makan dengan jentik nyamuk. Juga anda harus melihat tingkat kebersihan tempat budidaya jangan sampai malah menimbulkan penyakit bagi anda
    Bagaimana apakah anda sudah paham tentang budidaya jentik nyamuk, semoga ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat bagi anda semua
    Share This :

    0 Comments