-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Ekstrak Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Aman dan Benar

Tuesday, April 2, 2019
Daun ketapang adalah jenis daun yang memiliki kegunaan untuk menyembuhkan penyakit pada ikan cupang, seperti menyembuhkan jamur yang ada ditubah ikan cupang, ekor ikan cupang yang rusak, warna ikan cupang menurun, semua itu bisa diatasi dengan mudah jika anda paham tentang mengelola daun ketapang hingga menjadi cairan obat yang efektif bagi kesehatan ikan cupang.

Mengerti cara mengolah juga sangat membantu anda untuk membuat ekstrak daun ketapang yang benar dan bermanfaat. Penggunaan daun ketapang yang salah juga dapat berakibat pada ikan cupang, maka dari itu mari bersama-sama kita belajar cara mengolah daun ketapang hingga menjadi ekstrak daun ketapang yang berguna untuk ikan cupang.
Pada dasarnya daun ketapang banyak sekali dijumpai disekitar anda karna tumbuhan ini banyak ditanam dipinggir jalan, jadi sangat mudah bukan untuk mendapatkan daun ketapang. Pohon ketapang berciri-cir khusus seperti daun pohon yang rindang, ukuran pohon 3 meter – 25 meter. Sebelum anda membuat ekstrak daun ketapang kenali dulu manfaat dari daun ketapang tersebut, berikut manfaat daun ketapang untuk ikan cupang:

1. Menghilangkan Bakteri pada Tubuh Ikan Cupang

Daun ketapang dapat digunakan untuk mencegah penyakit karna daun ketapang memiliki kandungan Tanin yang membuan daun ini dapat mencegah terjadinya penyakit jamur, parasit yang menempel pada tubuh ikan.

2. Obat Luka Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki sifat petarung karna itu pasti ikan cupang mengalami luka akibat pertarungan yang disengaja atau tidak disengaja, luka pada bagian tertentu memeng sangat berbahaya bagi ikan cupang karna memang bakteri-bakteri nantinya akan menempel pada luka dan akan membusuk jika tidak segera diobati. Dengan daun ketapang ini anda bisa mengobati ikan cupang yang terluka hingga sembuh total.

3. Merawat Ekor dan Sisik Ikan Cupang

Ikan cupang memang memiliki sisik yang berwarna indah dan memiliki ekor yang panjang, oleh karna itu perawatan ekor dan sisik ikan cupang sangat diharuskan demi menjaga keindahan ekor dan sisik ikan cupang. Menggunakan ekstrak daun ketapang dipercaya dapat menguatkan sisik dan memperkuat ekor ikan cupang agar tidak mudah rontok.

4. Membuat Suasana Air Seperti Habitat Alam

Manfaat ini memang bisa dibilang sangat berguna karna ikan cupang hidup diair yang tenan seperti dialamnya, untuk menyamakan air seperti pada habitat alamnya, kita bisa menggunakan ekstrak daun ketapang agar warna air yang disukai oleh ikan cupang dan memiliki kualitas air yang seperti alamnya. Karna pada habitatnya ikan cupang hidup diair yang banyak sekali daun yang jatuh keair dan membusuk, jadi cara ini  kita lakukan agar ikan cupang hidup seperti dihabitatnya.

Untuk mengambilan daun ketapang itu sangat mudah, kita tidak harus megambil sambil memanjat atau memotong batangnya, anda hanya mengambil daun ketapang yang sudah garing dan sudah jatuh dari pohon ketapang. Perlu anda ketahui pohon ketapang berguguran 2 kali dalam setahun jadi setelah mencari simpanlah daun ketapang agar anda tidak usah menunggu gugur kembali. Setelah anda mendapatkan daun ketapang pastikan daun ketapang yang sudah garing dan berwarna coklat, setelah itu bersihkan dengan air hingga kotoran yang ada pada daun ketapang bisa hilang.

Cara Mengolah Daun Ketapang untuk Ikan Cupang yang Benar dan Bermanfaat 

Pembersihan

Setelah anda mendapatkan daun ketapang berarti anda siap untuk mengolah daun ketapang hingga menjadi ekstrak daun ketapang. Yang pertama anda lakukan dalam membuat ekstrak daun ketapang untuk ikan cupang adalah membersihkan daun ketapang dengan cara.
  1. Ambil daun ketapang yang sudah garing beberapa lembar terserah anda ingin membuat seberapa banyak.
  2. Siapkan wadah untuk mpembersihan daun ketapang dan tempat membuatan seperti Ember, Bak air, Dll
  3.  Masukkan daun ketapang kedalam ember atau tempat lainnya, siram dengan air bersih dan bersihkan kotoran yang ada pada daun ketapang tersebut.

Penyampuran

Setelah daun ketapang benar-benar bersih tahap selanjutnya adalah proses penyampuran daun ketapang dengan garam,kenapa harus dicampur dengan garam? Karna daun ketapang yang bersifat basah dan harus dikeringkan dengan dijemur, oleh karna itu garam berfungsi untuk proses penjemuran cepat dan daun ketapang tahan lama. Pada Proses ini anda hanya menggunakan garam yang ada dirumah anda.
Proses:
  1. Setelah daun ketapang bersih, masukkan daun ketapang kedalam ember guna untuk merendam daun ketapang.
  2. Masukan air bersih kedalam ember yang sudah diisi daun ketapang, berikan air yang bersih jangan menggunakan air yang mengandung bahan kimia.
  3. Taburkan garam kedalam ember yang berisikan daun ketapang, untuk pemberian garam jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, berikan garam secukupnya saja.
  4. Diamkan rendaman daun ketang hingga 30 menit, setelah itu angkat daun ketapang dari rendaman air garam tersebut 

Penjemuran

Setelah daun ketapang diangkat dari perendaman atau proses penyampuran tadi, kini anda harus menjemur daun ketapang hingga benar benar garing, pada proses ini anda bisa menggaringkan dengan wartu yang cukup lama, biasanya saya kurang lebih 2 hari agar daun ketapang bisa benar benar garing.
Proses:
  1. Ambil daun ketapang yang sudah melalui proses penyampuran tadi.
  2. Setelah anda ambil jemur daun ketapaang dengan sinar matahari langsung, agar daun benar-benar garing dan menghasilkan ekstrak daun ketapang yang bagus untuk ikan cupang. Pada proses penjemuran memang membutuhka waktu yang sangat lama, proses ini bisa berlangsung sampai 1-2 hari.
  3. Setelah daun ketapang benar-benar garing, angkat daun ketapang tersebut dan siap untuk digunakan untuk ikan cupang.

Penggunaan

Pada proses ini anda hanya disarankan untuk memakai ekstrak daun ketapang secukupnya saja karna jika terlalu banyak nantinya air akan cepat kotor. Penggunaan ekstrak daun ketapang bisa dilakukan 7 hari sekali baru ganti, tergantung tingkat pemberian makan juga, karna jika memberikan makan terlalu banyak ikan cupang juga akan mengluarkan kotoran yang banyak dan akan membuat air cepat kotor.
Proses:
  1. Ambil satu lember ekstrak daun ketapang yang sudah melalui proses tadi.
  2. Masukkan ekstrak daun ketapang kedalam soliter ikan cupang atau kedalam wadah lainnya, setelah dimasukkan air akan berubah warna dan itulah yang dinamakan ekstrak daun ketapang.
  3. Jika ikan cupang anda berada dalam wadah yang kecil, disrankan anda untuk membuat ekstrak daunketapang dengan wadah yang lebih besar setelah jadi baru dituang kedalam wadah ikan cupang yang kecl tadi
Sangat mudah bukan untuk membuat ekstrak daun ketapang untuk ikan cupang, hanya dengan menggunakan bahan alami dan alat seadanya anda sudah dapat membuat ekstrak daun ketapang tanpa harus membeli.

Semoga informasi yang saya berikan dapat menambah pemahaman anda tenta membuat ekstrak daun ketapang yang mudah dan benar.
Share This :

7 Comments

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. Kalau daun Ketapangnya sudah dicuci dan di rendam air garam. Langsung di rebus. Air rebusan bisa di pake buat ikan cupang aman gak gan? Maaf pemula

    ReplyDelete
  3. kalau sudab diekstrak, tapi ternyata ekstraknya berminyak, itu cara hilanginnya gimana ya?

    ReplyDelete