-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina Untuk Pemula

Tuesday, April 2, 2019
Membedakan ikan cupang jantan dan betina bagi pemula harus diwajibkan karna memang hal yang utama untuk memelihara ikan cupang atau betta itu harus tau mana yang jantan dan mana yang betina. Apalagi bagi anda yang berniat untuk beternak ikan cupang, supaya anda bisa memilih indukan yang benar dan tidak salah dalam proses pemijahan. Bagi sebagian orang mungkin masih mengalami kesusahan dalam memilih ikan cupang jantan dan betina, apalagi jika usia cupang masih dini. Banyak cara yang harus anda ketahui jika ingin memilih cupang jantan dan bitina,agar teman semua tidak salah lagi dalam memilih ikan cupang berikut metode yang harus anda pahami.

Untuk ikan cupang pejantan memiliki sirip ekor yang lebih panjang dari betina, sementara betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek. Karna pada umumnya ikan cupang jantan banyak dijadikan hiasan karna ekor yang panjang dan sangan indah jika dilihat. Ini perbedaan yang sangat terlihat jelas pada kelamin ikan cupang kelamin jantan dan betina.

Dalam segi warna ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih cerah dan indah dibanding dengan ikan cupang betina yang memiliki warna yang pucat,kusang dan kurang indah. Jadi perbedaan yang yang bisa dilihat salah satunya dari warna ikan beta tersebut.

Untuk tingkat keagresifannya ikan cupang jantan lebih agresif dan galak dari pada ikan cupang betina karna pada umumnya ikan cupang jantan memiliki stamina yang kuat, oleh karna itu banyak ikan cupang yang dijadikan ikan peaturung, tapi ada juga yang dijadikan hiasan karna warnanya yang indah.

Sebelum memilih jenis kelamin ikan cupang, pastikan dulu ikan cupang sudah berusia remaja karna jika cupang masih dini pasti akan susah dibedakan karna posturnya yang masih kecil. jika usia cupang sudah dewasa atau sekitar 2-3 bulan baru kita bisa membedakannya, jika umur masih kurang dari 2 bulan itu masih terlihat sangat kecil dan susah dibedakan mana ikan cupang jantan dan mana ikan cupang betina. Agar mudah dibedakan ketahuilah umur siikan cupang tersebut agar kita bisa memilih umur yang dewasa dan siap untuk dibedakan jenis kelaminnya.


Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

1.Ikan cupang jantan

 Ciri khas ikan cupang jantan sebagai berikut:

  • Tubuh relatif kecil dan panjang
  • Ekor yang panjang dan lebar dibanding sengan betina
  • Kepala lebih kecil atau ramping
  • Warna lebih cerah dan menarik
  • Sifatnya yang galak/lebih agresif dari pada betina
  • Memiliki sirip yang lebar
  • Membuat sarang gelembung

2.Ikan cupang Betina

 

Ciri khas ikan cupang betina sebagai berikut:

  • Tubuh gemuk dan pendek
  • Ekor kecil
  • Kepala lebih besar dari jantan
  • Warna yang kusam,pucat dan kurang menarik
  • Sifatnya pendiam tidak seagresif jantan
  • Sirip yang kecil
  • Memiliki bintik pucih dibagian berutnya
  • Tidak membuat sarang gelembung

TIPS

Jika ikan cupang masih belum terlihat perbedaannya, tunggu beberapa minggu hingga ikan cupang benar-benar dewasa, karna bisa saja ikan yang umurnya kurang lebih 2 bulan belum terlihat perbedaanya. Jika ikan belum terlihat jenis kelaminnya jantan atau betinya tunggu dan berimakan yang teratur agar ikan cupang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagaimana? apakah anda sudah paham tentang perbedaan ikan cupang jantan dan betina? dengan informasi yang saya berikan semoga bermanfaat dan bisa menambah sedikit ilmu pengetahuan anda tentang jenis kelamin ikan cupang.

Share This :

1 Comments

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete