-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Sangat Disayangkan,12 Hewan Asli Indonesia yang Terancam Punah Kini Jarang Terlihat Keberadaannya

Monday, April 22, 2019

Binatang memiliki haknya untuk hidup dan berkembang biak, namun kenapa masih banyak manusia yang belum sadar atas tindakannya yang merusak habitat hewan-hewan yang ada dihutan, semakin banyak pemburu liar, semakin berkurang juga binatang yang ada dihutan kita ini.
Indonesia memiliki hutan yang sangat luas, dengan demikian banyak juga spesies yang ada dihutan-hutan indonesia ini. 

Dibalik kekayaan alam indonesia ini, banyak juga manusia yang tertarik untuk mencari penghasilan dengan cara memburu binatang yang ada di alam, menebang pohon-pohon secara liar. Itulah salah satu sebab kepunahan habitan yang ada dihutan Indonesia ini, salah satunya pada hewan yang ada dibawah ini:

1. Komodo

komodo hampir punah
Komodo merupakan jenis kadal raksasa yang berdarah dingin, sehingga untuk mencari mangsanya hewan ini aktif dipagi hari, karna komodo membutuhkan sinar matahari untuk mencerna makanannya. Di Indonesia sendiri, spesies komodo pada tahun 2017 hanya sekitar 3.015 ekor saja, jumlah tersebut ternyata sudah meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Komodo merupakan hewan langka yang sudah ada pada zaman dulu kala, kini komodo sudah menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah dan dijaga kelestariannya, oleh karna itu sekarang pemerintah menjadikan pulau komodo di Nusa Tenggara Timur menjadi taman nasional dan habitat asli komodo.

2. Harimau Sumatra 

harimau sumatra yang hampir punah
Harimau Sumatra adalah salah satu dari enam sub-spesies, kucing besar dimuka bumi ini merupakan satwa yang masih bertahan hidupnya hingga saat ini, meskipun hewan ini termasuk dalam klasifikasi hewan kritis yang terancam punah.

Menurut data pada tahun 2014, jumlah hewan ini hanya sekitar 400 individu saja yang masih ada dialam Indonesia ini. Hewan ini merupakan hewan yang banyak diperburu oleh manusia karna harga jual bagian tubuh-tubuhnya ini memiliki harga yang lumayan mahal, jadi banyak yang mencarinya untuk dijadikan hiasan atau koleksi dengan harga yang mahal.

Harimau sumatra memiliki tubuh lebih kecil dibandingkan harimau-harimau lainnya, warna pada kulit harimau Sumatra juga lebih gelap dari pada harimau lainnya, seperti bewarna kuning kemerah-merahan atau orange tua.

3. Badak Bercula Satu

badak bercula satu langka
Badak bercula satu juga termasuk dalam klasifikasi hewan kritis yang terancam punah di Indonesia ini, Badak bercula satu merupakan satu dari jenis badak yang hidup didunia. Keberadaan badak bercula satu dijawa sudah sulit untuk ditemukan, karna banyak pemburu liar yang mencari cula untuk dijual belikan, bahkan sampai membunuh badak tersebut.

Di pulau Jawa hewan ini bisa anda temukan di taman nasional badak daerah ujung kulon kota banten, disini badak-badak akan dikembangbiakkan supaya populasinya meningkat lagi, karna semakin lama populasi badak bercula satu malah semakin menurun.

4. Burung Merak 

burung merak di indonesia
Merak memang memiliki jenis yang beragam dan keberadaannya juga tidak hanya di Indonesia saja, merak juga bisa ditemukan di India atau di Malaysia. Namun yang membedakan merak yang ada di Indonesia yaitu warna dan motif yang lebih terang dibandingkan dengan merak yang ada di India atau Malaysia yang hanya memiliki satu warna saja.

Di Indonesia khususnya di Jawa dan Sumatra terdapat banyak jenis merak yang indah dengan corak warna khas dari merak Indonesia. Namun sekarang banyak penangkapan liar yang memburu merak untuk diperjual belikan, karna bulunya yang cantik banyak orang yang mencari bulu merak untuk dijadikan hiasan, pada 2007 burung merak dikategorikan sebagai binatang yang rawan punah, oleh sebab itu mari kita jaga dan lestarikan hewan yang memiliki bulu cantik dan indah ini.

5. Orang Utan 

orang utan hampir punah
Orang utan merupakan salah satu binatang hutan yang mampu melindungi diri dengan cara memanjat pohon dan melompat dari pohon ke pohon, orang utan merupakan jenis kera yang memiliki kemiripan dengan manusia. Uniknya orang utan yaitu dapat merawat anaknya seperti manusia, orang utan mampu berfikir layaknya hewan yang cerdik. 

Keberadaan orang utan hingga saat ini semakin berkurang, kurang lebih 40ribu individu yang tersisa di indonesia ini. Jumlah ini selalu menurun dari tahun ke tahun, sebab dari berkurangnya habitat ini yaitu karena populasinya yang membutuhkaan pohon untuk hidupnya, pergeseran populasinya disebabkan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang menebang hutan secara liar yang mampu mengurangi habitan orang utan.

Hal ini penarik perhatian pemerintang untuk membuat penangkaran orang utan, karena semakin berkurang populasinya. Namun sekarang pemerintang telah membuat larangan untuk memburu atau menebang hutan secara paksa.

6. Penyu 

penyu hampir punah
Spesies penyu di Indonesia kurang lebih ada enam yang hidup diperairan Indonesia ini, oleh karna itu pemerintah membuatkan penangkarang diberbagai wilayah untuk mengantisipasi terjadinya kepunahan. Karna banyak oknum yang memburu penyu untuk dijadikan makanan atau diambil cangkangnya untuk hiasan.

Hal menarik yang terdapat pada penyu yaitu penyu dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya, padahal ini hanya kepercayaan masyarakat dulu, namun hingga sekarang masih dipercayakan.

7. Burung Cendrawasih

burung cendrawasih
Burung cendrawasih merupakan burung yang berasal dari papua, burung ini memiliki bulu yang indah dan warnanya yang begitu memukau. Hal ini yang memunculkan oknum pemburu burung untuk mencari keberadaan burung tersebut untuk dijual, karna memang burung ini terbilang burung langka dan harga jualnya juga tinggi.

Meskipun burung ini sudah dikirim ke berbagai negara ternyata populasi burung ini semakin menurun, inilah kenapa burung ini disebut burung langka, karna memang keberadaannya hanya ada di Papua.

8. Anoa

anoa

 

Anoa atau sering disebut masyarakat sapiutan, hewan ini memang hidupnya dihutan dan masih dalam family banteng, kecepatan berlari hewan inilah yang membuat anua sebagai binatang yang lincah dalam bertahan hidup. 

Ciri khas dari anoa ini memiliki sepasang tanduk yang mirip dengan banteng pada umumnya, yang membedakan hanya ukurannya saja, anoa memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan banteng pada umunya. Namun yang disayangkan adalah banyaknya pihak yang tidak bertanggung jawab memburu hewan ini untuk dipelihara atau dikonsumsi.

Maka populasinya sekarang semakin menurun hingga di Sulawesi hanya tersisa 2.500 ekor saja, hal ini yang membuat pemerintah menjadikan anoa sebagai salah satu satwa yang dilindungi keberadaannya.

9. Gajah

gajah
Gajah merupakan salah satu hewan terbesar dan terpintar didunia, dengan tubuh besarnya hewan ini dijuliki hewan raksasa. Hewan ini memiliki gading yang kuat dan belalai yang panjang dan kuat untuk mengangkat barang berat, oleh sebab itu banyak manusia yang menjadikan gajah sebagai alat bantu untuk mengangkat benda berat.

 Baca Juga: fakta Unik Gajah dan Kemampuan Dari Setiap Tubuhnya
 
Gajah terbilang salah satu binatang hampir punah, karena perkembang biakannya yang sangat lambat membuat habitan ini sulit untuk berkembang biak, gajah memang memiliki waktu mengandung yang cukup lama kira-kira bisa sampai 24 bulan, itulah yang membuat sulitnya untuk menjaga dan melestarikan hewan besar yang satu ini.

10. Banteng

banteng
Banteng merupakan hewan yang masuk kedalam kluarga sapi hutan yang populasinya semakin berkurang setiap tahunnya, berkurangnnya habitan banteng ini karena hadirnnya pemburu liar yang mencari tanduk banteng dan dagingnya untuk dikonsumsi, bukan hanya itu ternyata banyak juga banteng yang dimangsa oleh anjing hutan yang mirip dengan srigala hutan.

Karena semakin berkurangnya populasi banteng kita sebagai manusia harus sadar bahwa banteng sudah masuk dalam kategori hewan hampir punah.  Nah, maka sebagai warga negara yang baik kita juga harus menghindari pemburuan liar pada hewan-hewan yang ada di Indonesia ini.

11. Burung Maleo

Burung ini termasuk spesies burung endemik dari pulau Sulawesi, Burung ini memiliki keunikan dan perbedaan dengan burung lainnya, keunikan burung ini jika telur burung menetas anak burung maleo ini sudah bisa langsung terbang. Perbedaan ini yang membuat burung ini banyak diburu dan dijual belikan karna harganya yang mahal dan populasinya yang sedikit.

12. Kaskus Beruan

kaskus beruang
Kaskus beruang merupakan jenis hewan mamalia , hewan ini banyak ditemukan di pulau Sulawesi dan sekitarnya. Populasi hewan ini semakin berkurang karena adanya penebangan hutan secara liar yang membuat hewan ini semakin berkurang, oleh karna itu sekarang populasi kaskus beruang dari tahun ke tahun semakin berkurang yang membuat habitat ini masuk dalam kategori hewan yang dilindungi

Sebelum habitan hewan yang ada di Indonesia ini punah, mari kita sebagai warga negara yang baik ikut menjaga dan melestarikan, supaya anak cucu kita bisa melihat hewan-hewan langka yang ada di Indonesia ini.

Jangan sampai habitan alam indonesia ini punah ditangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya.
Share This :

4 Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  2. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353

    ReplyDelete
  3. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indonesia
    banyak kejutan menanti para temen sekalian
    cuma di sini agent judi online dengan proses cepat kurang dari 2 menit :)
    ayo segera bergabung di fansbetting atau add WA :+855963156245^_^
    F4ns Bett1ng agen judi online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun pasti kami proseskan..
    F4ns Bett1ng

    "JUDI ONLINE|TOGEL ONLINE|TEMBAK IKAN|CASINO|JUDI BOLA|SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWw.F4ns Bett1ng.COM

    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855963156245^_^

    ReplyDelete